5 Oleh-Oleh Khas Tulungagung

5 oleh-oleh khas tulungagung yang wajib kalian beli jika berkunjung di kota penghasil marmer terbesar di Indonesia ini! Dijamin nagih dan enak banget, selain itu harganya juga ramah dikantong.

Bagi yang pernah berkunjung ke Tulungagungu, pasti tidak akan lupa membeli oleh-oleh yang akan dibahas disini. Tulungagung memang terkenal dengan produksi marmernya yang terbesar di Indonesia. Cuaca di tulungagung panas, tapi tidak sepanas Surabaya. Jadi, jika anda berasal dari kota yang memiliki hawa dingin seperti Malang atau Bandung, jangan kaget ya dengan cuaca yang ada di Tulungagung.

Oke, mari kita bahas !

Kue Sagon

 

kue-sagon-tulungagung
resepkoki.id

Diurutan pertama ini adalah kue sagon khas tulungagung. Kue yang satu ini, sangat populer karena rasanya yang enak, gurih, manis dan aromanya yang wangi. Cocok bagi semua kalangan, mulai dari balita dan dewasa. Kue ini disebut “Kue Sagon” karena kue ini berbahan dasar tepung sagu. Bahan dasar lainnya adalah tepung ketan dan kelapa. Harga jajanan khas ini dibanderal dengan harga sekitar Rp 10.000/ bungkus. Harga tersebut sangat ramah dikantong.

Gethuk Pisang

 

gethuk-pisang-tulungagung
merahputih.com

Olahan gethuk bisa berasal dari berbagai macam, mulai dari singkong, umbi-umbian, dsb. Ternyata, kota ini memiliki ciri khasnya sendiri yaitu gethuk pisang. Meskipun tidak umum dari biasanya, rasanya sangat manis dan lebih enak daripada gethuk biasanya. Kemasan jajan yang satu ini mirip kelontong, dibanderol dengan harga Rp 7.300 / bungkus. Sangat ramah di kantong, rasanya sangat mantap !

Krupuk Rambak Asli Tulugagung

 

kerupuk-rambak
agrowindo.com

Kriuk! Kriuk! Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih menjadi salah satu khas ciri krupuk rambak Tulungagung. Bahan dasar dari kulit rambak adalah kulit kerbau atau kulit sapi. Krupuk yang satu ini sering dijadikan oleh-oleh oleh wisatawan. Cocok dimakan langsung, atua pelengkap makanan lainnya seperti pecel, soto dll. Salah satu penghasil atau rumah olahan produksi krupuk rambak yang terkenal berada di kawasan Botoran, Pangungrejo.

Jenang Syabun

 

jenang-syabun-tulungagung
robijuniarta.student.umm.ac.id

Jenang syabun berbeda daripada dodol. Bahan dasar utama dalam membuat jenang syabun adalah beras ketan. Yang asli berasal dari beras ketan asli, karena banyak yang meniru akhirnya banyak yang menambahkan bahan dasar lain. Istilah lain dari jenang syabun bagi warga lokal adalah jenang lilin. Packagingnya yang kecil, diameternya tidak lebar dan panjang membuatnya cocok dipanggil jenang lilin.

Kue Geti atau Enting-Enting Kacang

 

kue-geti
m.lakeybanget.com

Yang tidak bisa makan jajan kalau tidak ada kacangnya, jajanan khas ini memang mengandung  kacang tanah. Ini adalah salah satu jajanan khas tulungagung yang wajib jadi oleh-oleh untuk keluarga tercinta. Bagi yang belum pernah makan jajan ini, kue genting adalah perpaduan antara kacang tanah dan wijen yang dicampur dengan gula merah. Manis dan gurih rasanya. Harganya juga ramah di kantong, mulai dari Rp 10.000/ bungkus.

Tertarik untuk membawanya pulang ke rumah ? yuk segera liburan ke kota Tulungagung.

Sedang mencari hunian islami di Tulungagung ? Hubungi customer service kami.

×

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

× Konsultasi GRATIS!