5 Tips Cara Menabung Untuk Beli Rumah

5 tips cara menabung untuk beli rumah yang bisa anda lakukan. Menabung sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Hal yang sulit dalam menabung adalah konsisten dan disiplin. Dalam artian, konsisten dan disiplin untuk terus menyisihkan uang hasil pendapatan setiap bulan. Sampai akhirnya bisa membeli sesuatu yang diharapkan selama bertahun-tahun.

Budaya menabung sebenarnya sudah diajarkan pada kita semenjak kecil. Baik itu di lingkungan keluarga maupun di sekolah. Sedikit atau banyak, kita harus menabung. Dulu tujuannya adalah sebagai dana darurat. Jika terjadi musibah, kita dapat mengambilnya.

Namun budaya menabung, kini mulai jarang dilakukan oleh masyarakat. Masyarakat cenderung hidup lebih konsumtif dan lupa untuk menyisihkan uang pendapatannya untuk ditabung. Lalu bagaimana caranya menabung untuk bisa beli rumah? Simaklah  5 tips berikut!

5 tips cara menabung untuk beli rumah assakuri residence tulungagung

Memiliki rumah merupakan impian semua orang. Supaya tidak merepotkan orang lain teruta keluarga atua mertua (jika sudah berkeluarga). Selain itu supaya bisa hidup mandiri.

Harga rumah dan tahan selalu naik setiap tahun, hal ini memang tidak perlu dipungkiri. Oleh karena itu, jika tidak segera membeli rumah hari ini atau tahun ini, tahun depan harganya pasti naik.

Karena itulah banyak orang memilih untuk membeli rumah dengan mencicil. Istilah yang umum digunakan adalah membeli rumah dengan cara KPR. Caranya adalah anda harus membayar uang muka (DP) terlebih dahulu. Kemudian sisanya anda harus mencicil kepada bank terkait dengan jangka waktu dan nominal per bulan tertentu.

BACA JUGA : Pengertian jenis dan syarat pengajuan KPR 

Beberapa orang memilih cara lain untuk membeli sebuah rumah, yaitu menabung. Dengan harapan dapat membayar DP 50% dari harga cashnya, dan maksimalnya bisa membeli rumah secara cash. Dengan begitu, kita dapat menjalankan aktivitas harian terasa nyaman kerena tidak terbebani dengan hutang (cicilan) yang harus dibayar setiap bulan.

Berikut adalah 5 tips cara menabung untuk beli rumah :
  1. Tentukan kapan waktu mau beli rumah. Semakin anda mengerti kapan akan beli rumah, maka semakin baik proses menabung yang dilakukan. Misal, jika usia anda saat ini adalah 24 dan ingin membeli rumah pada usia 30. Rumah yang harus anda beli harganya 500 juta. Maka anda hany perlu mengumpulkan 15% dari 500 juta untuk membayar DP-nya. Kisaran 75 juta. Tinggal anda bagi 75 juta dengan 6 tahun.
  2. Lunasi semua hutang. Hutang kepada kerabat, saudara, teman harus dilunasi terlebih dahulu. Sehingga proses menabung benar-benar bakalan tersimpan aman. Tentunya lebih banyak uang yang ditabung.
  3. Membuat rekening khusus. Tujuan rekening khusus ini adalah untuk menabung. Bukan untuk ditransaksikan belanja dll. Anda dapat menggunakan kartu autodebet sehingga secara otomatis akan menabung uang dengan jumlah setiap bulannya.
  4. Menambah penghasilan. Cobalah untuk menambah penghasilan dengan cara menambah passive income. Salah satu contoh sumbe passive income yang bisa anda coba adalah di Sondesip Land Indonesia. Kemitraan peternakan domba terbaik yang ada di Malang. Dengan bermitra 1 ekor domba saja anda sudah bisa mendapatkan profit sebesar 15 – 21%.
  5. Konsiten dan dispilin. Sisihkan uang dengan rutin. Pastikan jika sudah tanggal tertentu anda sudah harus menyisihkan uang tersebut. Lakukan setiap bulan dan disiplin.

Itulah 5 tips menabung yang bisa dilakukan untuk bisa membeli rumah. Lakukanlah dengan konsisten dan dispilin. Kelak suatu saat rumah yang anda idamkan akan tercapai.

×

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

× Konsultasi GRATIS!