7 Jenis Ikan Hias Yang Mudah Di Pelihara

7 jenis ikan hias yang mudah Anda jadikan hewan Pelihara  – Akhir-akhir ini sangat banyak sekali orang-orang yang senang memelihara ikan hias terutama ikan hias air tawar, ada banyak jenis ikan hias mempunyai tubuh mulai dari ikan hias yang berukuran kecil hingga  ikan hias yang berukuran besar.

Ikan hias yang dipelihara untuk dijadikan sebagai salah satu hobi mereka yang bisa membuat seseorang ingin memeliharanya untuk kesenangannya. Kesenangan inilah yang dicari oleh para pehobi ikan hias. Ada juga yang ingin ikan hias air tawar ini sebagai sebuah peluang bisnis mereka, tak sedikit pun orang yang membuka atau meneruskan bisnis ikan hias ini. Dengan kata lain, budidaya ikan hias sudah dilakukan oleh banyak orang. Bahkan, beberapa ikan hias yang dibudidaya ada yang dijual sampai ke luar negeri.

Banyaknya jenis-jenis ikan hias air tawar pastinya akan membuat Anda bingung untuk memilih ikan hias air tawar yang mana akan dijadikan sebagai hewan peliharaan.

7 Jenis Ikan Hias Yang Mudah Di Pelihara

Jenis-Jenis Ikan Hias Yang Mudah Di pelihara

1. Ikan Arwana 

Ikan yang pertama ini merupakan ikan hias yang berukuran besar, maka ikan arwana ini sangat cocok untuk Anda jadikan hewan peliharaan. Ikan arwana ini berasal dari Brasil dan Indonesia. Ikan arwana yang berasal dari Brasil memiliki nama ilmiah yaitu Osteoglossum sp.

BACA JUGA : Mengenal Broker Di Dunia Properti

2. Ikan koi

Berikutnya yaitu Ikan koi, ikan ini sangat digemari oleh para pemeliharaan ikan hias. ikan koi adalah jenis ikan hias air tawar yang sangat populer di semua kalangan pecinta ikan hias. Ikan ini cukup mudah dipelihara dan juga mudah mati. Karena ikan ini bisa tumbuh mencapai ukuran yang besar dengan mempunyai ciri khas warnanya yang cantik maka saya sarankan untuk di pelihara di dalam kolam.

3. Ikan Cupang

Kemudian, Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang mempunyai tubuh yang berukuran kecil, tetapi ikan ini sangat cocok untuk dipelihara di akuarium karena ukurannya yang kecil. Tetapi ikan cupang ini  bisa tumbuh hingga mencapai sepanjang 12,5 cm. Di Indonesia sendiri, udah banyak yang suka memelihara ikan ini. Sampai, para peminat ikan cupang hingga mengadakan perlombaan ikan cupang.

7 Jenis Ikan Hias Yang Mudah Di Pelihara

Penilaian perlombaan ikan cupang ini dilihat dari kesehatan ikan cupang , kelincahan dan tubuhnya yang sangat indah. Semakin panjang sirip ikan cupang yang mengembang maka penilaian akan semakin tinggi. .

4. Ikan Guppy

Ikan kali ini yaitu, Ikan Guppy merupakan salah satu ikan hias yang mempunnyai tubuh kecil tetapi memiliki variasi warna. Bentuk tubuh ikan ini sangat langsing, ikan ini mepunyai sirip punggungnya sangat tipis dan sirip ekornya melebar yang terlihat seperti bendera berkibar ketika ikan ini bergerak.

Ikan guppy ini  bisa juga direkomendasikan bagi Anda ketika ingin  memelihara ikan hias dan juga mudah peliharaannya. Karena ikan hias ini tidak sama sekali membutuhkan alat-alat yang khusus untuk merawatnya. Anda cuman perlu menjaga  kebersihan akuarium dan memberi makan secara teratur.

BACA JUGA : Cara Mengurus Surat Pindah Domisili Terbaru 2022

5. Ikan Discus

Ikan discus atau istilah yang lain yaitu the king of aquarium ini banyak diminati oleh para pecinta ikan hias. Makannya ikan discus ini memiliki harga yang tinggi. Ikan ini memiliki karakter badan yang lebar dan warna atraktif.

Biasanya, corak anaknya dari ikan discus ini lebih bagus dari induknya. Jika Anda ingin memelihara ikan ini , kami sarankan Anda untuk melihat kondisi sirip ikan ini  apakah dalam keadaan bagus ataupun tidak. Jika sirip ikan ini rusak, maka ikan ini akan dianggap cacat dan harga jualnya akan menjadi turun.

6. Ikan Louhan

Ikan louhan adalah salah satu ikan hias  yang sempat populer pada tahun 2001 sampai 2002. Populernya ikan hias memang terus berubah dan membuat para masyarakat yang hobi yang memelihara ikan louhan semakin berkurang.

Ikan louhan mempunyai  ciri khas yang tidak dimiliki dengan ikan hias yang lainnya, yaitu adanya jendolan di bagian atas kepala ikan. Ikan louhan ini adalah salah satu jenis ikan yang tidak bisa ditempatkan jadi satu dengan ikan-ikan lainnya karena ikan ini bisa sampai bertengkar.

7.Ikan Manfish

Ikan manfish adalah ikan hias yang mempunyai penampilan fisik lebih khas dibandingkan ikan hias pada yang lainnya. Ikan ini memiliki tubuh yang mirip dengan anak panah, anggun, lembut dan cantik. Sehingga ikan ini dijuluki sebagai queen of aquarium. Ikan manfish ini juga termasuk dalam keluarga ikan Cichlid. Ikan ini biasanya memakan makanan seperti larva nyamuk, cacing tubifeks atau chironomus. Merawat ikan hias satu ini cukup mudah.

×

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

× Konsultasi GRATIS!