Amalan Untuk Mendapat Pahala Dan Keberkahan di Hari Jumat

Amalan Untuk Mendapat Pahala Dan Keberkahan di Hari Jumat – Mengamalkan amalan memang seharusnya dilakukan setiap hari, namun ada hari yang paling istimewa untuk umat muslim yaitu hari jumat. Oleh karena itu kenapa Rasulallah memerintahkan umatnya untuk melakukan amalan pada hari jumat, supaya mendapatkan pahala dan syafaat didunia dan diakhirat.

Mengerjakan amalan-amalan sunnah sesuai dengan ajaran Rasulallah adalah tindakan yang terpuji. Namun melakukan amalan yang melenceng dari ajaran justru akan mendatangkan hal-hal yang negatif.

BACA JUGA : Sering-Sering Baca Dzikir ya ! Manfaatnya Banyak Banget

Amalan di hari jumat sesuai dengan ajaran Rasulallah

Berikut ini beberapa amalan di hari jumat yang bisa Anda amalakan.

1.Shalawat Nabi

Membaca shalawat nabi tidak hanya dilakukan pada hari jumat saja namun juga setiap hari. Namun ketika membaca shalawat nabi pada hari jumat akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT. Tidak hanya itu Rasulallah juga menjanjikan posisi yang dekat dengan-Nya ketika dihari kiamat nanti. Berikut ini hadist untuk memperkuat pernyataan tersebut.

“Perbanyaklah selawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barang siapa yang banyak berselawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti,” (HR Al-Baihaqi).

2.Memperbanyak doa dan dzikir

Melakukan doa dan dzikir memang dapat dilakukan kapan saja, namun ada baiknya untuk memperbanyak doa dan dzikir di hari jumat. Karena semua amalan yang dikerjakan pada hari jumat akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Agar doa dan hajat dikabulkan, sebaiknya Anda memperbanyak doa dan dzikir dihari jumat ini karena Allah akan mengabulkan doa-doa hamba-Nya yang bertakwa. Hadist yang memperkuat pernyataan tersebut adalah :

“Pada hari itu ada saat yang tidaklah seorang hamba muslim bertepatan dengannya dalam keadaan dia berdiri salat yang ia meminta sesuatu kepada Allah SWT melainkan akan dikabulkan oleh-Nya,” (HR Bukhari).

3.Memperbanyak membaca Al-Quran

Rasulallah juga menyarankan untuk memperbanyak membaca Al-Quran di hari jumat, amalan ini dapat dilakukan laki-laki maupun perempuan. Dengan membaca al-quran akan menambah pengetahuan kita tentang agama. Selain itu juga pahalanya dilipat gandakan. berikut ini hadist untuk memperkuat pernyataan tersebut :

“Malam dan hari Jumat itu memiliki hak, maka jangan menyia-nyiakan kemuliaannya, jangan mengurangi ibadah, dekatkan diri kepada Allah dengan amal-amal saleh dan tinggalkan semua yang haram. Karena di dalamnya Allah telah melipatgandakan kebaikan, menghapus kejelekan dan mengangkat derajat. Hari Jumat sama dengan malamnya. Jika kamu mampu, hidupkan malam dan siangnya dengan doa dan salat. Karena di dalamnya Allah mengutus para Malaikat ke langit dunia untuk melipatgandakan kebaikan dan menghapus keburukan, sesungguhnya Allah Maha Luas ampunan-Nya dan Maha Mulia.”

4.Bersedekah

Bersedekah dapat dilakukan kapan saja namun akan lebih pas jika dilakukan pada hari jumat karena pahala yang berlipat ganda. Bersedekah adalah salah satu jalan termudah untuk mendapatkan rezeki yang berlimpah. Ibnu Qasim menjelaskan jika bersedekah dihari jumat maka sama dengan bersedekah pada bulan ramadhan. Apa lagi jika memberikan sedekahnya pada kafir miskin dan yatim piatu akan lebih besar lagi pahala yang diperoleh.

BACA JUGA : Sebelum Shalat Jumat Jangan Lupa Lakukan Ibadah Sunnah Ini

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini
×

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

× Konsultasi GRATIS!