Beberapa Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah Melalui KPR

 

Beberapa Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah Melalui KPR

 

Proses pertimbangan bagi anda sebelum membeli atau pertama kali membeli rumah bisa juga sampai memakan waktu yang sangat panjang.

Nah,Harga rumah sekarang memang sangat tinggi.Sebelum anda memutuskan beli rumah di KPR.Tentu anda harus tau lebih dalam lagi.Anda juga harus mempertimbangkan aspek-aspek dan bianya lainya.

Kredit Pemilikan Rumah atau biasaya kita dengar dengan sebutan KPR ini adalah  solusi untuk anda yang ingin memiliki rumah.

Beda dengan membeli rumah secara langsung,melalui KPR ini,anda cuman hanya menyiapkan uang muka saja,pembayaran pun bisa dicicil dengan jangka waktu yang panjang sekitar 10-20 tahunan.

Ada baiknya anda harus kenal lebih dalam apa itu KPR,mengetahui terlebih dahulu apa saja yang harus anda perhattikan dan pertimbangkan,termasuk juga kondisi finonsial dengan jangka panjang

Dibawah ini ada beberapa tips yang anda harus perhatikan sebelum beli rumah di KPR sebagai berikut!

Tips Membeli Rumah Lewat KPR

 

Beberapa Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah Melalui KPR

Hapus Rekam Jejak Kredit

Rekam jejak kredit bisa ditelusuri oleh pihak bank manapun saat anda mangajukan aplikasi KPR.Jadi langkah yang paling penting dan harus dilakukan sebelum anda mengajukan aplikasi KPR.Yaitu menjaga polah semua tagihan dari manapun.

Persiapkan investasi Dana Untuk Uang Muka Membeli Rumah Di KPR

Jika target pebelian rumah dalam satu sampai 3 tahun kedepan.Maka anda harus menyimpan dana tabungan rekening anda untuk meminalisir resiko yang akan datang

Pahami Lebih Dalam Kondisi Finansialnya

Sebelum anda melakukan pengajuan KPR,sebaiknya anda pertimbangkan dahulu dengan pihak bank.Anda harus mendiskusikan dengan pihak bank berapa DP dan cicilnan perbulan yang harus anda bayar.

Jika di atas akses 50 persen,tandanya,nilai utang melebihi nilai aset,Jika rasio utang adalah dibawah 50 persen kemungkinan bank akan menerimanya.Bank mungkin menyutujui pengajuan KPR dengan nominal  cicilan 50 persen dari penghasialan perbulannya.Tetapi cicilan rumah yang ideal maksimal adalah 35 persen dari penghasilan.Dengan begitu anda tidak perlu bingung lagi mengurangi pengeluaran kebutuhan pokok sehari-hari

Pertimbangkan Besaran Uang Muka

Sekarang ini Bank indonesia telah memberi kewenangan kepada pihak bank dalam ketentuan besar uang muka.Jika memiliki dana lebih,memaksimalkan uang muka dapat di perkecil angsuran setiap bulannya

Anda Dan Keluaraga Harus Tetap Terlindungi

Resiko tidak cukup umur bisa menimpa siapa saja,termasuk anda yang tengah mencicil rumah.Jangan sampai untuk meninggalkan warisan utang pada keluarga anda.Jadi karena itu mereka yang memiliki utang,wajib terlindungi dengan angsuran jiwa.Seiap KPR pada umumnya dilengkapai dengan iuran asuransi jiwa berguna untuk memitigasi meninggalnya debitur.

Manfaat dari ansuransi jiwa tidak hanya untuk melunasi wrisan utang dari debitur.Tapi juga bisa bermanfaat untuk biaya hidup keluarga yang ditinggal.

Jangan Terlebih Buru-Buru Untuk Mempercepat Pelunasan

Jika anda berniat untuk mengajukan KPR di bank konvensialnal,tahuilan bahwa anda akan ada biaya pelunasan dipercepat  yang akan muncul.Lain dengan halnya KPR.Melunasi cicilan utang di awal waktu tidak hanya anda mengeluarkan uang lebih banyak.Melainkan juga bisa membuat anda kekurangan aset lancar.Dalam jumlah aset lancar (kas atau setara kas) yang ideal adalah 15% hingga 20% dari total kekayaan bersih.

 

 

 

 

 

×

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

× Konsultasi GRATIS!