Hindari Kebiasaan Berikut Untuk Segera Dapatkan Rumah

Hindari kebiasaan berikut untuk segera dapatkan rumah impian anda! Apakah anda memperhatikan orang-orang disekitar? Banyak dari mereka memiliki jabatan yang prestis di tempat kerja sebagai manajer, supervisor. Mereka memiliki gaji di atas UMR, katakanlah di atas 7 juta. Penghasilan tersebut belum di tambah dengan penghasilan sang istri yang kira-kira kalau di gabung bisa jadi 10 juta. Tapi anehnya, mereka masih belum memiliki rumah.

hindari kebiasaan berikut untuk segera dapatkan rumah

Banyak orang membagikan tips n trik “cara mudah mendapatkan rumah”, “cara mudah memebeli rumah dengan kpr”. Hal tersebut dapat anda temukan dengan mudah pada artikel yang muncul di google maupun video di youtube. Kalau “mudah”, kenapa banyak orang yang tidak memiliki rumah? bahkan yang sudah memiliki penghasilan diatasĀ  7 juta?

Mungkin, mereka tidak bisa membeli rumah karena kebiasan buruk yang dilakukan mereka sendiri secara terus menerus. Contoh kebiasaan buruk tersebut antara lain :

  1. Mindset keliru : Yang penting gaya dulu, hidup belakangan. Di era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, muncul berbagai aplikasi sosial media yang membuat orang berlomba-lomba mengunggah foto terbaik. Seperti foto waktu liburan, makan di restoran, menggunakan kendaraan mewah dll. Dengan mengunggah hal-hal tersebut membuat jumlah pengikut akun bertambah, sehingga membuat anda merasa senang karena merasa anda diperhatikan. Namun tanpa anda sadari, bahwa uang tersebut sebenarnya bisa anda tabung bahkan anda investasikan pada emas, sama maupun obligasi. Inilah kebiasaan dimana anda mementingkan gaya hidup (keinginan) daripada kebutuhan. Bukankah dulu waktu gajinya masih 3 juta sudah cukup untuk 1 bulan? Kenapa sekarang ketika gajinya sudah diatas 5 juta masih kurang saja? Jawaban sederhananya adalah karena gaya hidup anda juga ikut bertambah. Jika dulu dalam sebulan cukup 1 kali ke mall, sekarang tiap minggu ke mall demi sebuah unggahan di akun sosial media anda. Inilah yang dimaksud dengan jebakan hidup dan mindset keliru : yang penting gaya dulu, hidup belakangan.
  2. Harga rumah mahal, cicilannya panjang. Setiap tahun harga rumah memang mengalami kenaikan. Jika anda tidak membelinya sekarang, bisa jadi harga di 5 atau 10 tahun mendatang bisa naik 10 -20%. Yang membuat anda harus rela merogoh kocek yang lebih dalam. Terdapat berbagai macam skema pembayaran untuk membeli rumah, yaitu cash atu kpr. Banyak orang memilih melakukan pembelian secara kpr, karena tidak mampu membeli rumah secara cash atau tunai yang harganya bisa 150jt-250jt. Cicilan KPR biasanya panjang, memang benar cicilannya panjang bisa sampai 10 tahun ke atas. Kenapa seperti itu? Karena pihak bank juga tidak mau memberikan pinjaman uang senilai 100jt kepada orang yang memiliki penghasilan tidak tetap, dan gajinya masih dibawah UMK. Oleh karena itu, cicilan yang ringan perbulan menjadi solusi yang tepat bagi anda.
  3. Terlalu berada di zona nyaman. Bisa jadi, lingkungan sekitarnya juga tidak menuntut untuk segera memiliki rumah. Mungkin karena nyaman dan betah tinggal bersama orang tua. Mungkin orang tua juga merasa tidak terbebani, dsb. Namun, untuk jangka panjang ini merupakan hal yang tidak baik, karena jika anda adalah keluarga yang besar misal 3 bersaudara atua 4 bersaudara. Anggota keluarga anda akan terus bertambah seiring lahirnya sang buah hati. Tentu anda memerlukan ketenangan dan kedamaian untuk membesarkannya.
  4. Jadilah dirimu sendiri. Hindarilah mengikuti lifestyle kekinian dan jadilah dirimu sendiri. Tidak perlu harus memiliki mobil merek A agar terlihat keren dan mendapat pujian. Tidak perlu harus memiliki sepeda motor merek A agar terlihat keren dan mendapat pujian. Tidak harus makan di restoran ini atau itu agar mendapat strata sosial yang tinggi. Apakah anda tahu bahwa semakin kaya seseorang justru semakin sederhana hidupnya? Coba lihat Warren Buffet yang sampai sekarang terus mempertahankan hidupnya yang sederhana. Atau Sundar Pichai SEO Google yang memiliki tampilan sederhana.

Sekali lagi kami menyarankan agar menjauhi sifat hedonisme, membelanjakan uang untuk memenuhi keinginan bukan kebutuhan. Hal ini dilakukan agar anda segera memiliki rumah, dengan memiliki rumah anda akan mendapatkan masa tua yang indah. Terdapat berbagai cara untuk mendapatkan rumah yaitu membeli rumah bekas, membeli rumah baru ataupun membangun rumah sendiri. Dapat anda pilih salah satu dan ketahui keunggulannya masing-masing.

×

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

× Konsultasi GRATIS!