Jangan Diabaikan, Self Care Berpengaruh Pada Tingkat Stress

Jangan diabaikan, self care berpengaruh pada tingkat stress. Penyebab utamanya yaitu kita terlalu sibuk untuk melayani orang lain dalam aspek apa pun itu, sehingga kita lupa untuk mengurus diri sendiri. Akibatnya tidak ada self care, seseorang jadi lebih mudah stress dan kelelahan.

Jika selama ini Anda selalu mengutamakan kepentingan orang lain dan menghabiskan waktu untuknya, coba luangkan waktu sejenak untuk beristirahat dan bebas memanjain diri di rumah. Hal ini sangat penting di lakukan oleh siapa pun itu karena ketika melakukan self care, seseorang akan mendapatkan kondisi fisik dan juga mental yang lebih sehat sehingga lebih siap untuk menghadapi lingkungan di sekitar Anda.

Sebagian besar orang masih bingung dengan apa yang harus di lakukan untuk mencapai self care, mungkin saja juga termasuk Anda. Pada dasarnya self care itu tidak sulit, tidak perlu di lakukan seharian dan bisa di lakukan dari rumah masing-masing. Berikut Assakuri Residence sudah merangkum beberapa cara penerapannya yang di lansir dari beberapa sumber!

Nyalakan Lilin Aromaterapi

Jangan Diabaikan, Self Care Berpengaruh Pada Tingkat Stress

Yang pertama yaitu dengan cara menyalakan lilin aromaterapi adalah cara yang paling mudah untuk menerapkan sensory self care dan body care. Wangi lilin aromaterapi mampu melatih kepekaan indera penciuman dan membuat pikiran Anda lebih tenang. Wangi lilin aromaterapi ini juga dapat di jadikan sebagai latihan meditasi mindfulness sehingga Anda tetap “stay in the present”, tidak merasa cemas memikirkan masa lalu ataupun masa depan.

Pilih lilin aromaterapi dengan fungsi dan wangi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya aroma lavender untuk menenangkan pikiran dan membantu tidur Anda yang nyenyak. Ada juga aroma lemon untuk meningkatkan semangat Anda di pagi hari.

Baca Juga : Tanaman Philodendron dan Cara Merawatnya

Baca Buku

Jangan Diabaikan, Self Care Berpengaruh Pada Tingkat Stress

Berikutnya dengan membaca buku, kita bukan hanya memperbanyak ilmu pengetahuan, tapi juga bisa memperluas jangkauan perspektif dan mengubah pola pikir ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, kita akan mampu memaknai dan menghadapi berbagai permasalahan di dalam hidup kita tanpa stress yang berlebih.

Penerapan ini sangat bermanfaat untuk intellectual self care. Kalau Anda mau baca buku novel untuk sekadar hiburan juga tidak apa. Hal tersebut jauh lebih bermanfaat di bandingkan dengan hanya bermain media sosial yang bisa memicu rasa iri dan insecure.

Meditasi

Jangan Diabaikan, Self Care Berpengaruh Pada Tingkat Stress

Selanjutnya lupakan meditasi dengan image berjam-jam di tempat yang terpencil. Saat ini, ada banyak cara  bermeditasi sederhana untuk self care yang bisa Anda lakukan dari rumah dalam waktu 5 sampai 10 menit.

Manfaatnya adalah meningkatkan daya ingat, menjaga keseimbangan, mengurangi stress, rasa cemas dan juga mampu mengontrol emosi. Zaman sekarang, meditasi mindfulness dan olah pernapasan sangat di gemari karena mudah di lakukan, tetapi efeknya sangat luar biasa.

Baca Juga : Hewan Peliharaan Paling Setia

Menjaga Kebersihan Diri

Jangan Diabaikan, Self Care Berpengaruh Pada Tingkat Stress

Selanjutnya, menjaga kebersihan diri bisa mampu meningkatkan mood Anda saat bekerja dan menghadapi dunia luar. Maka dari itu kita akan merasa percaya diri dengan fisik dan juga penampilan yang bersih. Bonusnya, tubuh kita akan menjadi lebih sehat karena bebas kuman dan juga penyakit. Yuk, mandi secara rutin sebagai bentuk self care. Kemudian, sempatkan diri Anda untuk bermanja ria dengan lulur, creambathgrooming, dan juga memakai pakaian terbaik.

Nonton Film Favorit

Yang terakhir dengan melakukan kegiatan menonton ini mempunyai manfaat untuk melepas stress usai penat bekerja seharian. Pilih film atau program tontonan yang menghibur hingga Anda dapat tertawa. Ketika Anda tertawa, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang baik untuk mengatasi stress dan akan menyehatkan sejumlah organ tubuh Anda.

Baca Juga : Upaya Pemerintah Tingkatkan perlindungan konsumen properti

×

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

× Konsultasi GRATIS!