Jangan Lupa Dibaca Setiap Pagi, Keutamaan Surat Al Kahfi

Jangan Lupa Dibaca Setiap Pagi, Keutamaan Surat Al Kahfi – Surat Al-Kahfi memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Surat ini sering dikaitkan dengan bacaan yang dianjurkan oleh Rasulallah SAW, sangat dianjurkan dibaca di hari atau malam jumat. Rasulallah bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah,” (HR Ad-Darimi).

Bahkan terdapat juga hikmah yang diambil untuk meningkatkan di sisi pendidikan.

Surat Al-Kahfi adalah surat ke 18 yangterdiri dari 110 ayat yang berisi berbagai cara menghadapi cobaan dan fitnah. Selain itu juga terdapat beberapa kisah yang luar biasa:

1.Kasih Ashabul Kahfi

Terkandung kisah ashabul kahfi yang rela meninggalkan kampung halamannya dalam keadaan terusir demi untuk mempertahankan agamanya.

2.Kisah Shohibul Jannatain

Yang kedua terdapat kisah seorang pemilik kebun shohibul jannatain yang mengajarkan untuk tidak mudah terpaku dengan harta dan tidak meninggalkan agama hanya untuk urusan duniawi.

3.Kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir

Kisah ketiga ini menghadirkan kedua Nabi yang mengajarkan tentang pentingnya ilmu dan hidayah.

4.Kisah Nabi Zulkarnain

Yang terakhir adalah kisah Nabi yang mengajarkan pentingnya amanat seorang pemimpin. Pemimpin yang memiliki kekuasaan luas dan menggunakannya untuk menegakan keadilan dan syariat agama ALLAH SWT.

BACA JUGA : Memahami Keutamaan dan Hikmah Shalat Jumat 

Keutamaan surat Al-Kahfi

Jangan Lupa Dibaca Setiap Pagi, Keutamaan Surat Al Kahfi
Foto: Surat Al Kahfi (smol.id)

Berikut ini adalah keutamaan surat Al-Kahfi yang menakjubkan ketika diamalkan.

1.Dipancarkan cahaya di hari kiamat

Orang yang membaca surat Al-Kahfi pada setiap hari atau malam jumat, maka ALLAH SWT akan memancarkan cahaya baginya kelak dihari kiamat.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW:

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

Artinya : “Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq,” (HR Al Hakim, Al Baihaqi dan Ad Darimi).

2.Mendapatkan petunjuk dan bimbingan Allah.

Cahaya yang diberikan itu tidak hanya pada hari kiamat saja namun juga akan diturunkan di dunia. Yakni berupa petunjuk dari Allah SWT. Salah contohnya adalah memberi cahaya hingga jumat berikutnya, Rasulallah pernahg bersabda :

إِنَّ مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: “Sesungguhnya barang siapa membaca surat Al Kahfi di hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya baginya antara dua Jumat,” (HR Hakim).

3.Diampuni dosanya antara dua jumat.

Kautamaan berikutnya adalah orang yang membaca surat Al-Kahfi maka akan diampuninya dosa diantara dua jumat.

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

Artinya: “Siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat,” (HR Ibnu Umar).

4.Terhindar dari fitnah Dajjal

Rasulallah SAE pernah bersabda bahwa jika ada seseorang yang rajin untuk membaca surat Al-Kahfi dan tidak hanya pada hari jumat, maka dia akan terhindar dari fitnah dajjal yang sangat keji. Dalam sebuah hadist diriwayatkan Nabi Muhammad SAW bersbda :

“Dajjal tidak akan muncul sehingga manusia melupakannya dan para imam meninggalkan untuk mengingatnya diatas mimbar-mimbar.” (HR Ahmad)

5.Diberi rasa sakinah

Keutamaan dari surat Al-Kahfi akan membuat seseorang merasa senang secara individu, dan juga merasakan sakinah dalam keluarga.

Dalam sebuah hadist Rasulallah SAW pernah bersabda :

اقْرَأْ فُلاَنُ ، فَإِنَّهَا السَّكِينَةُ نَزَلَتْ لِلْقُرْآنِ ، أَوْ تَنَزَّلَتْ لِلْقُرْآنِ

Artinya :“Bacalah terus hai Fulan. Sesungguhnya awan itu adalah ketenangan yang turun saat engkau membaca Alquran atau turun kepada Alquran,” (HR Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA : Sebelum Shalat Jumat Jangan Lupa Lakukan Ibadah Sunnah Ini

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini
×

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

× Konsultasi GRATIS!