Keutamaan Shalat Rawatib, Anjuran dan Tata Caranya

Keutamaan Shalat Rawatib, Anjuran dan Tata Caranya –  Selain ibadah 5 waktu ada juga ibadah-ibadah sunnah lainnya yang bisa diamalkan dan salah satunya contohnya adalah shalat sunnah rowatib. Shalat sunnah rawatib merupakan salah satu amalan yang sering di amalankan oleh Rasulallah SAW dan tidak pernah ditinggalkan. Karena shalat sunnah rowatib ini dapat menggugurkan dosa orang yang menerjakannya.

Shalat sunnah rowatib merupakan shalat yang dikerjakan qobiyah (sebelum) dan ba’diyah (sesudah) shalat fardhu. Hal tersebut sesuai dengan hadist yang berbunyi :

“Setiap sunah rawatib qobliyah waktunya dimulai dari saat masuknya waktu salat fardhu hingga salat fardhu dikerjakan. Sedangkan salat rawatib ba’diyah waktunya dimulai dari selesainya salat fardhu hingga berakhirnya waktu salat fardhu tersebut“  (Al-Mughni 2/544)

Niat shalat sunnah rawatib

Niat dari sholat sunnah rowatib qolbiyah dan ba’diyah memiliki perbedaan yang mendasar. Jika Anda ingin melaksanakan shalat rowatib qolbiyah Anda hanya cukup menambahkan lafal “Qobliyatan Lillahi Ta’ala” pada akhir niatnya.

Namun jika Anda ingin melaksanakan shalat riwatib ba’diyah maka Anda bisa menambahkan lafal “Ba’diyatan Lillahi Ta’ala” pada akhir niat.

contohnya :

اُصَلِّى سُنَّةً الظُّهْرِرَكْعَتَيْنِ بَعْدِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

ushalli sunnatadh dhuhri rok’ataini ba’diyatan mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengerjakan salat sunah sesudah dzuhur 2 rakaat, menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

Keutamaan shalat sunnah rowatib

Keutamaan Shalat Rawatib, Anjuran dan Tata Caranya
Sumber Gambar: Unsplash

Shalat sunnah rowatib tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulallah dan senantiasa dikerjakan oleh-Nya. Kedudukan dari shalat rowatib sangat istimewa.

1.Dijaukan dari api neraka

Keutamaan shalat rowatib yang pertama adalah dijauhkan dari siksa api neraka. Hal ini berdasarkan dari Rasulallah yang pernah bersabda :

“Barangsiapa yang senantiasa menjaga empat rakaat sebelum dhuhur dan empat rakaat sesudahnya, niscaya Allah mengharamkan dirinya dari api neraka.” (HR.Ahmad, Abu Dawud, Turmudzi, An-Nasai, dan Ibnu Majah).

2.Dibangunkan rumah disurga 

Jika Anda menunaikan shalat sunnah rowatib secara rutin maka jaminannya adalah dibangunkan rumah di surga. Selain itu shalat rowatib memiliki pahala yang besar jika umat muslim menjalankan amalan tersebut. Maka dari itu sempatkanlah untuk shalat sunnah rowatib sebelum atau sesudah melaksanakan shalat 5 waktu.

3. Diberikan Rahmat yang Melimpah

Keutamaan shalat rowatib yang berikutnya yaitu mendapatkan rahmat yang melimpah. Selain dari pahalanya yang besar dan jaminan dibangunkannya rumah di surga. Bagi umat muslim yang melaksanakan shalat sunnah rowatib ini juga akan diberikan rahmat dan kebaikan yang melimpah oleh Allah SWT.

4. Dijauhkan Dari Sifat Sombong dan Riya

Orang yang rutin melaksanakan shalat sunnah rowatib, akan dijauhkan dari sifat sombong dan riya. Karena Allah SWT sangat menyukai orang yang bertaqwa dan senantiasa bersujud kepada-Nya. Maka dari itu Allah SWT akan senantiasa melindungi hambanya dari sifat-sifat buruk tersebut.

5. Diangkat Derajatnya oleh Allah SWT

Tsauban radhiyallahu anhu pernah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang amalan apa yang dicintai Allah SWT. Rasulullah pun menjawab bahwa orang yang memperbanyak sujudnya, maka akan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT. Seperti sabdanya dalam sebuah hadist yang berbunyi:

“Hendaklah engkau memperbanyak sujud kepada Allah. Karena tidaklah engkau bersujud pada-Nya dengan sekali sujud melainkan Allah akan meninggikan satu derajatmu dan menghapuskan satu kesalahanmu.” (HR. Muslim).

BACA JUGA : Manfaat Membaca Ayat Kursi Untuk Kehidupan Sehari-hari

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini
×

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

× Konsultasi GRATIS!