Masyaallah, Inilah Keutamaan Shalat Dzuhur Dan Tata Caranya

Masyaallah, Inilah Keutamaan Shalat Dzuhur Dan Tata Caranya – Keutamaan dari shalat dhuhur yaitu melindungi orang yang melaksanakan shalat dhuhur dari siksa api neraka jahanam. Shalat dhuhur juga memiliki banyak manfaat untuk dunia dan akhirat. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat melaksanakan shalat dhuhur selain mendapatkan pahala.

Mintalah perlindungan kepada Allah dari siksa api neraka ketika melaksanakan shalat dhuhur berjama’ah di masjid. Shalat lima waktu memiliki keutamaan yang berbeda-beda. Kita di perintahkan untuk shalat lima waktu yang berbeda yaitu : Subuh, Dhuhur, Ashar, Magrib, dan Isya. Dan setiap shalat 5 waktu memiliki kelebihan, yang pastinya sangat sayang jika Anda meninggalkan salah satu shalat lima waktu ini.

Shalat dhuhur dikerjakan setelah matahari tergelincir hingga menjelang petang yang terdiri dari 4 rakaat. Hikmah yang didapat dengan melaksanakan shalat dhuhur yaitu menjadi media bagi metabolisme tubuh khususnya jantung untuk istirahat. Dengan melaksanakan shalat tepat waktu akan membuat kesehatan tetap terjaga, terutama jantung akan lebih tenang dan sehat.

Untuk waktu yang paling istimewa yang menjadi indikator sehat adalah pada saat shalat subuh dan shalat isya. Shalat dhuhur ini dikerjakan pada siang hari yang menjadi salah satu dari shalat wajib 5 waktu tersebut. Dari Abdullah bin ‘Amru bahwa Rasulallah bersabda:

وَقْتُ الظُّهْرِ إِذَا زَالَتْ الشَّمْسُ وَكَانَ ظِلُّ الرَّجُلِ كَطُولِهِ مَا لَمْ يَحْضُرْ الْعَصْرُ

“Waktu shalat zhuhur adalah jika matahari telah concong dan bayangan seseorang seperti panjangnya selama belum tiba waktu shalat ashar” (HR. Muslim).

حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ يَعْنِي ابْنَ مُقَاتِلٍ قَالَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ قَالَ أَخْبَرَنَا خَالِدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ حَدَّثَنِي غَالِبٌ الْقَطَّانُ عَنْ بَكْرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الْمُزَنِيِّ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كُنَّا إِذَا صَلَّيْنَا خَلْفَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالظَّهَائِرِ فَسَجَدْنَا عَلَى ثِيَابِنَا اتِّقَاءَ الْحَرِّ

“Telah menceritakan kepada kami Muhammad yakni Ibn Muqatil-berkata: Telah mengabarkan kepada kami Abdullah, dia berkata: Telah mengabarkan kepada kami Khalid ibn Abdurrahman, telah menceritakan kepadaku Ghalib al-Qaththan, dari Bakar ibn Abdullah al-Muzani. Dari Anas ibn Malik ia berkata: Jika kami shalat di belakang Rasulullah saw pada shalat Zhuhur saat udara panas, kami sujud beralaskan pakaian kami untuk menghindari panasnya pasir.” (HR. Bukhari: 509).

Tata cara shalat dhuhur :

  • Membaca niat

Bacaan untuk melakukan shalat sendiri

Ushalli fardladz dzuhri arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta’aalaa.

  • Takbiratul ihrom
  • Membaca al-fatihah
  • kemudian dilanjutkan dengan membaca surat pendek
  • Ruku’
  • I’tidal
  • Sujud
  • Duduk diantara dua sujud
  • Duduk tahiyat awal
  • Duduk tahiyat akhir
  • Salam

 

Keutamaan dari shalat dhuhur :

1.Mendapatkan pahala yang besar dan terhindar dari dosa.

2.Dapat menghapuskan dosa yang lalu.

3.Shalat memberikat cahaya di dunia dan akhirat.

4.Akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.

5.Menyucikan jiwa dari dosa dan kesalahan.

6.Terapi jantung dan memperlancar pencernaan.

Dan ada juga manfaat bagi kesehatan manusia yaitu dapat memperlancar sistem pencernaan dan juga untuk kesehatan jantung orang yang melaksanakannya.

Itulah keutamaan dari shalat dhuhur yang harus Anda ketahui agar senantiasa melakukannya dan tidak meninggalkannya.

BACA JUGA : Niat Sholat Dhuha 2 dan 4 Rakaat Lengkap Dengan Tata Caranya

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini
×

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

× Konsultasi GRATIS!