Mitos atau fakta beli rumah itu mudah. Apakah anda percaya bahwa membeli rumah itu sesuatu yang mudah dilakukan? Atau anda percaya bahwa membeli rumah itu sesuatu yang tidak mudah dilakukan? Yuk cari tahu sama-sama jawabannya!

mitos atau fakta beli rumah itu mudah assakuri residence tulungagung

Ketika usia semakin bertambah dan sudah memiliki keluarga sendiri. Memiliki rumah adalah salah opsi terbaik agar tidak merepotkan hidup orang lain seperti orang tua (jika masih tinggal serumah dengan orang tua). Semua orang juga tidak ingin hidup di kontrakan selamanya, apalagi harga kontrakan rumah setiap tahun biasanya terus naik. Oleh karena itu, terdapat tiga opsi yang bisa anda pilih untuk memiliki rumah.

Pertama, anda bisa memiliki rumah dengan cara membeli rumah bekas atau second. Yang namanya juga second, anda memiki keuntungan seperti harga yang lebih murah. Namun, disisi lain terdapat kekurangannya seperti lokasi yang tidak strategis, desain rumah yang tidak up-todate dan sejarah rumah tersebut (mungkin horor, dsb).

Baca Juga : Keuntungan membeli rumah bekas yang perlu anda ketahui

Kedua, anda bisa memiliki memilki rumah dengan membangunnya sendiri. Salah satu keuntungannya adalah anda bisa membuat desain rumah sendiri, bahan material apa saja yang digunakan, dll. Namun, kelemahannya adalah proses waktu pengerjaan, tenaga, pikiran dan anggaran yang tidak sedikit. Karena anda harus membuat denah rumah, desain rumah baik 2D maupun 3D yang nantinya akan digunakan oleh jasa kontraktor untuk melakukan proses pengerjaan rumah.

Baca Juga : Keuntungan membangun rumah sendiri daripada beli bekas  

Ketiga, yang terakhir adalah anda dapat memiliki rumah dengan cara membeli di perumahan. Misal, anda membeli unit rumah di Assakuri Residence Tulungagung maka keuntungan yang akan anda dapatkan adalah desain rumah yang menarik (tema scandinavian), lokasi yang strategis, fasilitas umum yang lengkap. Jadi, dengan membeli rumah di perumahana akan menghemat waktu dan tenaga anda.

Baca juga : Keuntungan membeli rumah seperti di perumahan yang perlu anda ketahui

Lalu, beli rumah itu mudah atau susah? Nah, inilah topik yang akan kita bahas.

Beli rumah tentu mudah, sudah banyak orang yang mengatakan itu pada karya-karyanya seperti video youtube, buku, seminar dll.

Kalau mudah, kenapa banyak orang masih belum punya rumah?

Bagi, orang yang memiliki penghasilan tetap diatas 15 – 30 juta perbulan tentu akan mengatakannya mudah. Bagi seorang pemilik bisnis, yang omsetnya bisa mencapai 100 juta perbulan akan mengatakan itu mudah.

Tapi bagi orang yang penghasilannya masih di bawah UMK, tentu akan mengatakan hal itu susah. Atua seorang pemilik umkm yang penghasilannya tidak menentu, juga akan mengatakan hal yang sama. Pada akhirnya mereka akan memilih hidup dengan cara kontrak rumah.

sudah beli, tapi kok tidak mampu bayar cicilan?

Wah, kalau ini ceritanya berbeda. Mungkin terdapat musibah yang kita tidak sangka seperti covid-19 yang mengakibatkan banyak orang yang di PHK secara sepihak. Sehingga menghilangkan sumber pendapatan yang dulunya pendapatan itu disisihkan untuk bayar cicilan. Karena sudah tidak memiliki pekerjaan, tidak bisa membayar cicilan.

sudah nyicil rumah 10 tahun, kurang 5 tahu lagi kok malah dijual?

Ada juga kasus seperti ini, yang menjual rumah meskipun masa cicilannya sebentar lagi lunas. Banyak faktor yang melatarbelakangi, seperti sudah memiliki target rumah baru, sudah tidak nyaman lagi, atua mengalokasikan anggarannya untuk hal-hal tertentu maupun butuh uang.

Jadi, apa kesimpulannya?

Kesimpulannya, mudah-mudah gampang dan tergantung penghasilan yang anda miliki. Dengan pendapatan 5 juta perbulan, anda seharusnya sudah bisa membeli rumah meskipun dengan mencicil. Tapi mencicil itu dibutuhkan konsistensi dan kedisiplinan. Jika yakin untuk mencicil rumah, anda harus menghindari mindset “gaya dulu, hidup belakangan“.

Baca juga : Cara membeli rumah dengan gaji 5jt per bulan.

Hindari juga hal-hal berikut ini jika anda ingin segera memiliki rumah.

×

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

× Konsultasi GRATIS!