Pengrajin Replika Kiswah Kakbah Asal Tulungagung

Pengrajin Replika Kiswah Kakbah Asal Tulungagung Andik Priyo Budi Utomo mendadak terkenal di Tulungagung karena karyanya yang diminati oleh customer dari seluruh Indonesia. Ya, akhir-akhir ini banyak sekali masjid-masjid di seluruh tanah air di hiasi dengan replika kiswah kakbah. Salah satu contoh masjid terbesar di Tulungagung yang menerapkan desain ini adalah Masjid Al-Fattah Tulungagung. Masjid yang baru selesai direnovasi dan telah menjadi daya tarik baru Tulungagung.

Andik-Priyo-Budi-Utomo-Pembuat-Inovasi-Replika-Kiswah-Kakbah
radartulungagung.co.id

BACA JUGA : Kemegahan Masjid Al-Fattah Tulungagung 

Andik Priyono mulai dikenal banyak orang karena karyanya replika kiswah kakbah yang bagus. Ia berinovasi dengan membuat replika kiswah kakbah yang berbeda dari yang lain. Memang selain Andik, sudah banyak pengrajin yang sudah menggeluti bisnis ini. Namun, banyak juga yang tutup karena produknya karena kurang minatnya pembeli. Untuk menyiasati hal tersebut, Andik mencoba untuk membuat repika kiswah kakbah dengan kualitas terbaik dan semirip mungkin dengan yang asli.

Alamat Andik Priyono si pembuat replika kiswah kakbah adalah Desa Sumberjokulon, Kecamatan Ngunut. Yang membuat karyanya bisa terkenal diseluruh tanah air adalah pengiklanan di sosmed terutama melalui facebook.

Awalnya ia memiliki pesanan untuk membuat replika kiswah di Pasuruan. Setelah jadi, ia mempromosikannya di facebook. Tak disangka, banyak yang tertarik dengan karyanya. Sementara di karesidenan kediri, yang mempunyai kemampuan untuk memproduksi karya ini hanya dia seorang. Dia menuturkan bahwa dalam seminggu, dapat menyelesaikan satu biji replika kiswah kakbah dengan berukuran 3 meter. Jadi, jika kita pernah menjumpainya yang lebih besar berarti pengerjaannya lebih dari seminggu.

Dalam proses pembuatannya, ia dibantu dengan keponakan dan tetangganya. Kemampuan kaligrafi, hanya dimiliki oleh Andik seorang, keponakan dan tetangganya hanya membantu mewarnai dan memotong bahan. Selama ini, ia mengerjakan proses kaligrafinya sendiri karena masih belum menemukan partner yang bisa diajak untuk bekerjasama. Karena orang yang mau diajak bekerjasama haruslah seorang seniman dan mengerti kaligrafi dan ukurannya.

Bagian tersulit dari pembuatan replika kiswah kakbah adalah pembuatan kaligrafinya yang tidak boleh sembarangan dan asal-asalan menulis. Penulisan huruf-hurufnya harus sesuai kaidah-kaidah di Al-Quran. Ukuran besar kecilnya huruf pun harus di teliti dan tidak boleh asal-asalan.

Dengan terkenalnya Andik Priyono sebagai pengrajin kiswah kakbah, membuat perekonomian di Tulungagung terangkat. Dan menambah daftar UKMKM yang mendongkrak perekonomian lokal.

baca berita lebih lengkap disini.

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini
×

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

× Konsultasi GRATIS!