Perbedaan Site Plan dan Block Plan Mirip Tapi Tidak Sama

Perbedaan site plan dan block plan yang perlu anda ketahui sebelum membeli sebuah unit rumah di perumahan.  Site plan jika hanya dilihat sepintas, memang mirip dengan Block plan. Namun, sebenarnya memiliki tujuan yang berbeda. Begitu juga Block plan, jika hanya dilihat sepintas memang mirip dengan Site plan. Namun, Block plan dibuat dengan tujuan tertentu yang berbeda dengan siteplan. Oleh karena itu, bagi calon pembeli wajib mengetahui perbedaan Site plan dan Block plan agar bisa memiliki letak unit rumah dengan baik. Yang paling penting tidak menyesal dikemudian hari. Yuk baca artikelnya sampai habis biar makin paham!

perbedaan site plan dan block plan assakuri residence tulungagung

Dikutip dari prospeku.com Site plan adalah gambar dua dimensi yang berisikan konsep gambaran atau peta rencana pembagian bangunan ataupun kavling termasuk tata guna lahan dan perencanaan jalan beserta fasilitas penunjangnya dalam skala batas-batas luas lahan tertentu. Di dalam Site plan juga terdapat informasi berupa berapa jumlah blok yang ada di dalam perumahan tersebut. Setiap blok juga disertakan luas rumah tersebut, seperti panjang dan lebar.

Dengan melihat Site plan, calon pembeli dapat memilih lokasi unit rumah dengan baik. Seperti, memilih rumah pada bagian samping. Memilih rumah yang dekat dengan gerbang atau paling belakang sendiri.

Dari definisi di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa fungsi Site plan adalah agar calon pembeli bisa memperoleh gambaran detail atas bangunan yang akan dibeli tanpa harus mendengar penjelasan panjang dari pihak pengembang.

Sementara itu, Block plan adalah sketsa gambar dua dimensi yang memberikan informasi tata letak ruang dan lingkungan yang ada di dalam dan di luar perumahan secara rinci. Maksud dari tata letak ruang tersebut seperti lokasi jalan menuju perumahan, lokasi jalan di dalam perumahan, pintu keamanaan dsb. Sebuah block plan dapat membantu otoritas lokal menentukan kemungkinan dampak proyek yang diusulkan terhadap wilayah yang lebih luas.

Manfaat Block plan antara lain :

  • Kontrol Bangunan.
  • Syarat memperoleh izin bangunan.
  • Kontrol Bangunan
  • Menghubungkan dengan utilitas.

Jadi, itulah perbedaan Site plan dan Block plan yang perlu anda ketahui. Bagi calon pembeli, harus memperhatikan baik-baik Site plan yang diberikan oleh pengembang atau developer. Dan pastikan anda memilih lokasi unit rumah yang terbaik dan tidak menyesal di kemudian hari.

×

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

× Konsultasi GRATIS!