Rumah Tema Scandinavian Hadirkan Nuansa Eropa

Rumah tema scandinavian, desain rumah yang terinspirasi dari negara-negara eropa bagian timur seperti Finlandia, Swedia, Islandia dll. Rumah tema scandinavian sedang menjadi incaran banyak orang karena menawarkan desain rumah yang minimalis dan stylish tanpa memerlukan banyak furniture. Bagi yang suka nonton film barat, pasti sudah  tidak asing lagi dengan penampakan rumah seperti ini.

Tema rumah di dominasi warna netral seperti putih dan cenderung ke arah rumah minimalis. Jika pada rumah tema minimalis, tidak mementingkan kuantitas furniture  yang ada di dalam rumah. Sementara rumah tema scandinavian, sangat membatasi kuantitas furniture yang ada didalam rumah. Yuk baca artikelnya sampai tuntas biar makin paham!

rumah tema scandinavian assakuri residence tulungagung

Pada awalnya, desain rumah tema scandinavian muncul pada tahun 1950-an di Amerika dan Kanada pada sebuah pameran. Penyebutan nama “scandinavian” adalah sebagai informasi bagaimana cara orang-orang scandianvia hidup.

Pada kala itu, rumah yang diperkenalkan terdiri dari struktur kayu dan tali serta tidak memiliki furnitur yang banyak. Karena orang-orang scandivia dan eropa bagian utara lebih mementingkan fungsi dan kebergunaan barang pada suatu ruangan. Karena terbuat dari kayu, dulu awalnya rumah ini memiliki warna cokelat namun seiring berkembangnya waktu terdapat berbagai warna netral lainnya seperti putih.

Dulu, tema ini populer dan banyak digunakan untuk penataan furniture di dalam rumah, desain interior dan teskstil. Namun kini penerapannya sudah meluas seperti pada desain rumah, arsitektur dan teknik sipil.

Ciri-ciri rumah scandinavian :
  1. Didominasi warna netral. Biasanya bagian dalam rumah akan didominasi warna putih, pucat atau krem. Agar nuansa ruangan tetap hidup, biasanya akan dipadukan dengan warna yang memiliki kontrass rendah seperti biru muda dll.
  2. Didominasi kayu. Layaknya rumah scandinavian yang asli yang ada di eropa timur sana, kayu masih menjadi bahan material utama untuk membangun rumah ini.
  3. Minim furnitur. Furnitur yang ada di dalam rumah tidak banyak, karena tema rumah ini adalah mengedepankan fungsionalitas.
Keuntungan rumah scandinavian :
  1. Karakter desain scandinavian cenderung bersih (clean) dan mengandung unsur kesederhanaan (simplicity).
  2. Menciptakan ruangan luas dan nyaman untuk bermain bagi anak-anak.
  3. Ventilasi udara alami.
  4. Material lebih ramah lingkungan.
  5. Lebih ramah anak karena minimnya furnitur.

Sudah kebanyangkan gimana rasanya tinggal di rumah tema scandinavian? Tunggu apalagi, yuk konsultasi GRATIS bersama Assakuri Residence Tulungagung!

 

×

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

× Konsultasi GRATIS!