Sebelum Shalat Jumat Jangan Lupa Lakukan Ibadah Sunnah Ini

Sebelum Shalat Jumat Jangan Lupa Lakukan Ibadah Sunnah Ini – Untuk umat muslim, Jumat adalah hari yang istimewa hingga diperintahkan untuk menunaikan ibadah shalat jumat. Berbagai ibadah sunnah juga disarankan dilakukan pada hari jumat ini, mulai dari membaca surat Al-Kahfi hingga sebelum Anda menunaikan ibadah shalat jumat.

Berikut ini ibadah sunnah yang bisa Anda lakuKan sebelum menunaikan ibadah shalat jumat.

1.Mandi

Bagi yang akan melakukan ibadah shalat jumat disarankan mandi sebelum menunaikan ibadah wajib bagi laki-laki tersebut. Sebagai ibadah sunnah, Mandi bukanlah syarat sah shalat sehingga tidak perlu kawatir jika tidak sempat mandi sebelum menunaikan shalat jumat. Hal tersebut dituliskan dalam hadist yang diceritakan Ibnu Umar RA.

وَعَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمُ الجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ )) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

Artinya: “Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian mendatangi shalat Jumat, maka hendaklah ia mandi.” (HR Bukhori dan Muslim).

2.Potongan kuku dan kumis

Potongan kuku dan kumis bisa Anda lakukan sebelum shalat jumat. Ibadah tersebut ditulis dalam hadist yang diyakini kebenarannya, bersumber dari Abu Jafar.

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ أَنْ يَأْخُذَ مِنْ شَارِبِهِ وَأَظَافِرِهِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ

Artinya: “Nabi SAW biasa mencukur kumis dan kukunya di hari Jumat.” (HR Imam Al-Baihaqi).

3.Berpakaian rapi dan bersih

Mereka yang hendak shalat jumat disarankan memakai pakaian yang rapi, bersih, dan diutamakan berwarna putih. Karena warna ini mudah kotor dan mudah terlihat sehingga segera diganti.

الْبَسُوا الْبَيَاضَ فَإِنَّهَا أَطْهَرُ وَأَطْيَبُ وَكَفِّنُوا فِيهَا مَوْتَاكُمْ

Artinya: “Kenakanlah pakaian warna putih karena pakaian tersebut lebih bersih dan paling baik. Kafanilah pula orang yang mati di antara kalian dengan kain putih.” (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

4.Menggunakan parfum atau wangi-wangian.

Ibadah sunnah yang berikutnya adalah menggunakan parfum atau wangi-wangian ketika akan menunaikan ibadah shalat jumat. Aroma parfum yang tidak berlebihan, dapat membantu mengatasi bau badan yang kurang enak selama beraktivitas.

إِنَّهَذَايَوْمُعِيدٍجَعَلَهُاللَّهُلِلْمُسْلِمِينَ،فَمَنْجَاءَإِلَىالْجُمُعَةِفَلْيَغْتَسِلْ،وَإِنْكَانَطِيبٌفَلْيَمَسَّمِنْهُ،وَعَلَيْكُمْبِالسِّوَاكِ

Artinya: “Hari ini (jum’at) adalah hari raya yang dijadikan Allah SWT untuk umat Islam. Bagi siapa yang ingin melaksanakan shalat Jum’at, hendaklah mandi, memakai wangi-wangian kalau ada, dan menggosok gigi (siwak).” (HR: Ibnu Majah)

5.Shalat tahiyatul masjid

Saat masuk kedalam masjid pastikan kaki yang masuk pertama adalah kaki kanan. Dan pastikan juga Anda masih dalam keadaan suci (belum batal wudhu) sehingga dapat melakukan shalat sunnah. Shalat sunnah dua rakaat ini dilakukan sebelum jamaah duduk dimasjid dan menunggu shalat jumat seperti dihadist yang berbunyi.

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ الْمَسْجِدَ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يَجْلِ

Artinya: “Jika salah seorang dari kalian masuk masjid, maka hendaklah dia shalat dua rakaat sebelum dia duduk.” (HR Bukhari dan Muslim).

Shalat sunnah tahiyatul masjid adalah penamaan dari para Ulama untuk menandai ibadah setelah masuk masjid.

BACA JUGA : Memahami Keutamaan dan Hikmah Shalat Jumat.

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini
×

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

× Konsultasi GRATIS!