Sering-Sering Baca Dzikir ya ! Manfaatnya Banyak Banget

Sering-Sering Baca Dzikir ya ! Manfaatnya Banyak Banget – Dzikir merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan setiap ada kesempatan, termasuk bulan ramadhan. Dzikir pagi dan petang memiliki banyak manfaat. Dzikir pagi dan petang merupakan salah satu cara hamba-Nya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Allah berfirman dalam surat Al-Ahzab ayat 41-42 tentang dzikir pada pagi dan petang. ” Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah kepada Allah, dzikir yang banyak, dan sucikanlah dia pagi dan petang“.

Manfaat dzikir pagi dan petang juga dapat diambil dan dilakukan baik setelah sholat, saat berdiam diri, atau juga pada saat melakukan aktifitas sehari-hari. Jika Anda dapat melakukannya secara rutin, maka manfaat dzikir ini pasti akan semakin dirasakan seiring dengan berjalannya waktu.

Sering-Sering Baca Dzikir ya ! Manfaatnya Banyak Banget
Liputan6.com ©2021 Merdeka.com

Bacaan dzikir pagi dan petang

Doa yang sering di baca Rosulullah SAW pada saat pagi dan petang yaitu adalah.

1.Doa perlindungan dari ciptaan-Nya dibaca 3x

” A’udzu bi kalimatillahit min syarii ma khalaq “

artinya : Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya. (HR. Muslim dan Ibnu Sinni).

2.Doa perlindungan dari setan, nafsu dan sebagainya

” Allahumma fathiras smawati wal ardhi, ‘alimal ghaibi was syahadah, rabba kulli syai’in wa malikah, asyhadi an la ilaha illa anta. A’udzu bika min syarri nafsi wa syarris syathani wa syirkih. “

artinya : Tuhanku, pencipta langit dan bumi, yang mengetahui hal ghoib dan nyata, tuhan dan penguasa segala sesuatu. Aku bersaksi tiada tuhan selain Engkau. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan nafsuku, kejahatan setan dan sekutunya. (HR. Abu Dawud dan At-Tarmudzi).

3.Baca kalimat syahadat sebanyak 2x

” Allahumma inni ashbahtu asyhaduka wa asyhadu hamalata ‘arsyika wa mala’ikatika wa jami’a kholqika annaka antallahul ladzi la ilaha illa anta, wa anna Muhammadan ‘abduka wa rasuluk “

artinya : Tuhanku, aku berpagi hari, aku menyaksikan-Mu dan malaikat penanggung arasy, malaikat-Mu dan semua makhluk-Mu bahwa Kau adalah Allah, tiada tuhan selain-Mu, dan Muhammad adalah hambamu dan rasul-Mu. (HR. Abu Dawud dan At-Tarmudzi).

4.Melafalkan pujian kepada Allah SWT

” Allahumma ma ashbaha bi min ni’matin fa minka wahdaka la syarika laka, lakal hamdu wwa lakas syukru “

artinya : Tuhanku, nikmat yang menyertaiku berpagi hari ini semata berasal dari-Mu yang Esa, tiada sekutu bagi-Mu. Bagi-Mu segala puji dan syukur.  (HR. Abu Dawud).

Manfaat dzikir dipagi dan petang

Manfaat dzikir pagi dan petang secara langsung dituangkan melalui firman Allah SWT dalam surat Ar-Rum ayat 17 yang memiliki arti ; “ Maka bertasbihlah kepada Allah diwaktu kamu berada disore hari dan waktu kamu berada di pagi hari.

Jika Anda dzikir pagi dan petang secara rutin maka manfaat yang Anda dapatkan adalah sebagi berikut.

  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT
  • Mendapatkan perlindungan-Nya
  • Surga menanti
  • Penuh rasa syukur
  • Memberikan ketenangan jiwa dan batin

Itulah manfaat yang bisa Anda rasakan ketika Anda benar-benar khusyuk dan rutin dalam melakukan dzikir kepada Alla SWT.

BACA JUGA : 7 Keuntungan Memiliki Rumah Dekat Masjid

Saya Suka, Saya Ingin Share Artikel Ini
×

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

× Konsultasi GRATIS!