Tips Lunasi Cicilan KPR Rumah Lebih Cepat

Tips lunasi cicilan kpr rumah lebih cepat yang bisa anda terapkan. KPR adalah skema membeli rumah dengan cara mencicil dalam jangka waktu tertentu. Semakin lama jangka waktu yang dipilih biasanya semakin ringan pula cicilan perbulan yang harus di bayar oleh nasabah. Tetapi, terdapat resiko besar yang akan dihadapi. Misal, anda membeli rumah dengan skema KPR selama 25 tahun dengan cicilan 1juta per bulan. Sementara itu pendapatan anda berkisar 4-5 juta perbulan dan sudah berkeluarga. Pada 5 tahun pertama, anda bisa melakukan pembayaran cicilan dengan baik tidak telat sedikit pun. Tetapi karena sudah 5 tahun, biasanya terdapat bagian rumah yang harus direnovasi dan kebutuhan tak terduga lainnya seperti harus kerumah sakit, biaya pendidikan dsb.

Cicilan selama 25 tahun bukanlah waktu yang singkat.  Melainkan perjuangan yang melelahkan. Karena kita tidak tahu akan ada bencana apa yang terjadi di depan. Oleh karena itu, strategi melunasi cicilan KPR lebih cepat adalah jalan yang terbaik.

BACA JUGA : Pengertian, Jenis dan Syarat Pengajuan KPR

Tips lunasi cicilan kpr rumah lebih cepat assakuri residence tulungagung

Berikut adalah tips lunasi KPR lebih cepat :

1.Mengurangi sisa pokok KPR

Caranya adalah memperbesar uang bulanan yang harus di bayar. Dari mana anda dapat memerbesar uang bulanan? Adalah dari pendapatan yang anda miliki. Misal anda berpenghasilan 4 juta per bulan dan harus membayar cicilan sebesar 1jt per bulan. Maka anda menhabiskan 3 juta untuk bertahan hidup mulai dari makan, belanja, liburan dll. Nah, karena anda berniat untuk mengurangi sisa pokok KPR. Anda harus menggunakan uang 2 juta saja untuk bertahan hidup, mungkin jalan-jalan dan pembelian konsumtif lainnya perlu dikurangi. Sehingga anda dapat membayar cicilan perbulannya sebesar 2 juta. Jika hal ini dilakukan secara konsisten tentu akan sangat baik untuk segera melunasi KPR.

2. Pindah tangan ke bank syariah 

Alasannya utamanya adalah karena di bank syariah, anda tidak dikenai bunga. Sehingga, jika anda mencicil rumah selama 20 tahun, uang yang harus anda bayar setiap bulan tetaplah sama. Tidak peduli ada inflasi  atau tidak ada inflasi.

3. Menggunakan kombinasi tips 1 dan tips 2

Dengan mengkombinasikan tips 1 dan tips 2 anda dapat lebih cepat melunasi KPR anda.

Misal marjin keuntungan yang diambil bank adalah 5%.

Pengajuan kredit = Rp 200.000.000 (margin 5%, selama 10 tahun).

Keuntungan bank = Rp 200.000.000 x 5% x 10 = Rp 100.000.000

Total KPR = RP 200.000.000 + Rp 100.000.000 = Rp 300.000.000

Angsuran bulanan = Total KPR/120 Bulan = Rp 2.500.000

Jadi, anda akan terus membayar uang senilai 2,5juta perbulan. Dan itu tetap selama masa cicilan, tidak peduli inflasi atau tidak.

4. Perhatikan reputasi pengembang

Pastikan anda mengerti seluk beluk tentang pengembang yang mengerjakan atau memiliki perumahan rumah yang akan anda beli. Mulai dari legalitas dan pelayananannya. Pasalnya, banyak sekali pengembang yang melakukan kecurangan pada pembeli yang belum mengerti tentang KPR dsb. Biasanya mereka memberikan harga rumah yang lebih tinggi. Jadi, pastikan dulu pengembangnya itu baik.

5. Pastikan anda membayar uang DP yang lebih tinggi. 

Untuk bisa mendapat 1 unit rumah, DP yang harus dibayar biasanya sebesar 15% dari harga rumah. Agar proses cicilan tidak dilakukan dalam jangka yang sangat panjang, kami sarankan agar membayar uang muka diatas 15% sekitar 25-30%. Caranya adalah anda harus disiplin menabung dulu. Ikut cara menabung yang baik versi Assakuri Residence Tulungagung. Atau anda juga mencoba bermitra dengan PT Sondesip Land Indonesia untuk mendapatkan passive income. Sebagai strategi untuk tetap mendapatkan pendapatan meskipun tidak bekerja.

Kunci kesukesan dalam tips ini adalah konsisten dan disiplin. Bukan seberapa besar uang yang bisa di sisihkan, tetapi kalau tidak konsisten akan sulit untuk tercapai.

 

 

×

Halo! Ada yang bisa kami bantu?

× Konsultasi GRATIS!